Monday, October 18, 2010

Doa Rasululah - Memerdekakan diri dari hutang piutang

Abu Said Al-Khudhri radhiyallahu ’anhu berkata: “Pada suatu hari Rasulullah shollallahu ’alaih wa sallam masuk ke dalam masjid. Tiba-tiba ada seorang sahabat bernama Abu Umamah radhiyallahu ’anhu sedang duduk di sana. Beliau bertanya: ”Wahai Abu Umamah, kenapa aku melihat kau sedang duduk di luar waktu sholat?” Ia menjawab: ”Aku bingung memikirkan hutangku, wahai Rasulullah.” Beliau bertanya: ”Mahukah aku ajarkan kepadamu sebuah do’a yang apabila kau baca maka Allah ta’aala akan menghilangkan kebingunganmu dan melunasi hutangmu?” Ia menjawab: "Tentu, wahai Rasulullah.” Beliau bersabda,”Jika kau berada di waktu pagi mahupun petang hari, bacalah do’a:


“Allahumma innii a-’udzu...bika minal hammi wal hazani, wa a-’udzubika minal’ajzi wal kasali, wa a-’udzubika minal jubni wal bukhli, wa a-’udzubika minal ghalabatiddiini wa qahri-rrijaal.”

"Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari lilitan hutang dan kesewenang-wenangan manusia.” Kata Abu Umamah radhiyallahu ’anhu: ”Setelah membaca do’a tersebut, Allah berkenan menghilangkan kebingunganku dan membayarkan lunas hutangku.” (HR Abu Dawud 4/353)

2 comments:

Joe said...

Ayat agak kabur. Jadi saya telah mencari sebutan di dalam rumi untuk mengesahkn bacaan. Jadi saya berkongsi dengan semua:

“Allahumma innii a-’udzubika minal hammi wal hazani, wa a-’udzubika minal’ajzi wal kasali, wa a-’udzubika minal jubni wal bukhli, wa a-’udzubika minal ghalabatiddiini wa qahri-rrijaal.”

Joe said...

Ayat di atas agak kabur. Untuk mengesahkn sebutan, saya telah mencari di beberapa blog lain. Jadi bacaan nye berbunyi seperti dibawah. Selamat Beramal.

“Allahumma innii a-’udzubika minal hammi wal hazani, wa a-’udzubika minal’ajzi wal kasali, wa a-’udzubika minal jubni wal bukhli, wa a-’udzubika minal ghalabatiddiini wa qahri-rrijaal.”